Kejujuran Di Relung Hati

Kejujuran di Relung Hati

Hal yang paling berbahaya bagi orang yang sakit adalah pergaulan. Tidak ada seorang manusia pun yang sakit karena hawa nafsu, sedangkan semangat sebagai obat yang paling mujarab.
Pergaulan itu menyebabkan bertahannya penyakit, sedangkan pergaulan pemburu akhirat itu ada dua macam. Pertama, pergaulan para ulama. Mereka mungkin saja bergaul dengan rival-rival mereke seperti dari kalangan para penguasa, sedangakan hal ini dapat mengeroposi pendirian mereka. Ketiak pendirian merekabertambah intens maka lenyaplah argumentasi mereka di kalangan para pemburu akhirat, sebab aku sendiri tatkala melihat dokter meresapkan obat untuk kesembuhanku, aku pun menjadi raguantara meminumnya atau tidak.
Kedua, pergaulan parapenempuh kezuhudan. Di antara mereka ada yang bergaul dengan para pemburu dunia, atau dengan orang yang menjaga wibawanya dengan cara menonjolkan kekhusyukannya demi meraih kecintaan kalangan awam.
Ingatlah ALLAH, sesungguhnya Zat yang memberi balasan itu Maha Melihat, sedangkan keikhlasan itu adanya di dalam batin dan kejujuran ada di dalam hati.

“KITA BISA TIDAK JUJJUR KEPADA ORANG LAIN, TAPI TIDAK                                                        KEPADA DIRI SENDIRI”

“Sepenggal Kisah dalam Shaidul Khatir”
                                                     “IBNUL JAUZI”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s